Tuesday, July 25, 2006

Semifinal

Delapan besar Liga Djarum sudah masuk ke empat gawat.

Maaf kalau pertandingan terakhir grup tidak ada catatannya di sini. Kemaren gue harus ngasih workshop di Jogja.

Tapi hasilnya cukup mengejutkan. Persmin menghentikan Macan Kemayoran yang memang berperforma buruk sepanjang kompetisi. Persmin berhasil menahan seri Persija dan mengumpulkan nilai tiga lantas bertengger di posisi kedua grup.

Meski begitu, Persmin harus melakukan pembenahan. Tiket ke semifinal mereka raih dengan bertanding seri sepanjang pertandingan di grup. Seri 2-2 lawan PSM dan Persikabpas dan terakhir 0-0 dengan Persija. Modal ngotot rasanya tidak cukup. Apalagi Persmin itu juara wilayah timur sebelum datang ke Gresik. Harus ada yang bisa mengembalikan form mereka nanti di semifinal.

Pasukan Manguni Makasiouw membawa beberapa produk lokal Minahasa yang cukup bersinar. Terutama Stanley Katuk, Yongky Rantung dan Stevy Kussoy. Ditambah dengan jendral lapangan tengah Jorge Toledo. Dan ada Djet Donald Laa'ala. Bek yang kalau konsisten sulit sekali ditaklukan. Kiper Hendra Pandeynuwu juga bagus. Di partai terakhir melawan Persija, rasanya man of the match layak dia raih. Tampil berjibaku dan sangat menentukan.

Mungkin tinggal bagaimana menyuplai bola pada Daniel Campos yang menunggu di kotak penalti lawan dan tidak terlalu bergantung pada Jorge Toledo. Menurut gue salah satu kekuatan Persmin adalah pertahanannya. Tapi tidak ada yang menyambungkan antara lapangan tengah dan barisan belakang itu. Bangunan serangan kerap tergagap. Harus ada yang bisa membantu Jorge Toledo di lapangan tengah. Membongkar irama permainan dan memberikan ruang gerak lebih leluasa untuk Jorge mengatur serangan.

Sementara itu angin puting beliung datang dari Pasuruan. Luar biasa. Persikabpas adalah kejutan di liga kali ini. Tidak terlalu diperhitungkan di awal, tapi lolos dengan sangat meyakinkan. Menelan Persija 3-1, memaksa Persmin bermain 2-2 dan terakhir dengan gagah menggoreng sang 'Ikan Merah' PSM dengan skor 5-1. Edan.

Mereka juga menunjukkan grafik yang baik. Kalau di dua pertandingan awal Laskar Sakera tertinggal terlebih dahulu baru membalik keadaan secara dramatis, maka di laga terakhir mereka justru unggul duluan dari PSM. Kelemahan lambat panas seperti dijawab dengan telak oleh Subangkit dan pasukannya.

Siswanto mencetak hattrick di gawang PSM yang bermain tanpa inspirasi karena ternyata sosok kapten Syamsul Chaerudin begitu jadi nyawa. Saat dia tidak ada sulit sekali digantikan.

Salah satu kelebihan Persekabpas adalah materi pemain tengah yang sangat baik. Dan dengan jeli Subangkit menerapkan taktik 3-6-1. AKibatnya yang banyak mencetak gol adalah pemain tengah. Siswanto, Zah Rahan dan Kasan Soleh adalah gelandang yang lapar gol. Didukung oleh Joni Budiarto dan Jordi Kartiko. Serangan jadi sangat variatif.

Hanya saja gue melihat, karena isi lapangan tengah Persekabpas itu attacking midfielder semua, kadang tidak ada yang menahan bola dan mengatur irama permainan. Akibatnya barisan belakang yang hanya dijaga oleh tiga bek bisa dengan mudah digempur.

Tapi gue menjagokan Persekabpas ke final. Bahkan mungkin juara. Asal grafik mereka terus naik seperti ini.

Sementara itu dari Solo sempat ada kabar miris. Pertandingan yang harus digelar Minggu digeser ke hari Senin karena stadion di Batang rusuh. Penonton membludak dan membuat wajah liga kembali cemong. PR yang sepertinya tak juga selesai.

Persik lolos ke semifinal setelah menekuk Arema yang ambisius. Lewat partai ketat. Skor 1-0 buat anak-anak Kediri terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Budi Sudarsono dan Christian Gonzales memang duet yang maut.

Sementara PSIS melibas Persiba dengan skor tipis 1-o. Kembali Ortiz jadi pahlawan. Dia mencetak satu-satunya gol. Tapi ini juga menunjukkan fakta, PSIS bergantung penuh pada Ortiz. Kalau dia dikunci PSIS bisa lumpuh.

PSIS sendiri bakal berhadapan dengan Persekabpas. Sementara Persik ditunggu Persmin. Semifinal bakal ditayangkan anteve dan TV7 tanggal 27 Juli. Sementara finalnya, tanggal 30 Juli.


nb: aku boleh nonton final Ma? :)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home