Monday, June 05, 2006

Menang!

Belanda Juara Eropa!

Ya, tim U21-nya berhasil membayarkan kegagalan tim seniornya saat tahun 2004 kemaren di Portugal. Bayar kontan, karena menang di tanah yang sama. Ya Eropa U21 digelar di Portugal juga.

Luar biasa. Ukraina ditekuk 3-0. Klaas Jan Huntelaar adalah bintangnya. Disebut-sebut sebagai the new Basten. Di final kemaren dia mencetak dua gol. Sayang Van Basten sudah tidak punya kursi lagi di tim senior untuk bocah satu ini. Satu gol lagi dikutip Hoffs dari gawang Ukraina.

Ukraina sendiri main cantik. Ada satu dua serangan yang bikin jantung deg-degan. Pake mentok tiang gawang segala. Salah satu pemainnya, Olexiy Godin bakal bersinar. Potensial sekali.

Tapi Belanda pegang kontrol. Brilian untuk ukuran semuda mereka. Sedikit terlihat bayangan the superb 1988 team di setiap gebrakan mereka. Meski masih terlihat gugup.

Huntelaar boleh jadi man of the match. Tapi yang mencuri hati gue tetap Castelen dan Hoffs. Dua orang ini pemain tengah yang sangat menjanjikan. Cemerlang sekali. Pure Holland style. Masa depan Belanda ada di tangan tiga orang ini.

Kemenangan ini menggantikan sedikit was-was gue setelah tim seniornya dijegal Australia 1-1 di partai ujicoba. Sneijder cedera serius. Van Bronchost juga. Partainya berlangsung brutal. Australia main dengan 10 orang karena kena kartu merah.

Yang menarik lainnya adalah fakta pelatih U21 Belanda ini. Namanya Foppe de Haan. Nama ini juga yang bakal melatih tim U23 Indonesia selama berguru di Belanda buat persiapan Asian Games di Qatar. Insya Allah gue bakal dapet kesempatan terbang ke sana meliput proses latihan itu.

Ah, semoga saja de Haan bisa memberikan sedikit sentuhan magikalnya ke dalam tim U23 kita. Amin!

nb: doain aja Ma. oleh-olehnya mantap deh nanti! :)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home